Jumat, 30 Agustus 2013

Presentasi penggunaan APRS pada penanggulangan bencana

Amarylis mengundang banyak pihak secara terbuka untuk menghadiri presentasi pada tanggal 27 Agustus 2013, dan 25 orang dari berbagai pihak menyatakan minatnya untuk hadir. Tetapi beberapa peserta ternyata behalangan untuk hadir, dan Amarylis sendiri melakukan kecerobohan dengan tidak mengirimkan pemberitahuan kepada 1 orang calon peserta (mohon maaf yang sebesar-besarnya) sehingga tidak dapat hadir.

Presentasi dilakukan pada tanggal tersebut, di Kopi Tiam Corner Greenville, berlangsung dari 09.00 – 13.00. Presentasi diberikan oleh Andre Tanoe, dan dihadiri oleh:

-    Elida Nurromah – Humanitarian Openstreetmap Team, Indonesia
-    Swasetyo Yulianto – Neonet – BPP Tehnologi
-    dr. Awi Muliadi Wijaya MKM – Pusdatin, Depkes RI
-    Widyakustanto S.Kom – Pusdatin, Depkes RI
-    dr. Maya Sandra – Medical Response Team
-    dr. Herlan – Medical Response Team
-    Ghozali Sapie – Medical Response Team
-    Ismoyo Bimo – Medical Response Team
-    M Sholeh Adriansyah – Medical Response Team
-    Hery Syamsius Nahampun – Plan Indonesia
-    Juventus Viosandy – Doctorshare
-    dr. Karnel  – Doctorshare
-    dr. Jeffry Prabowo, Doctorshare
-    dr. Budhi MP, Amarylis
-    Farah Chaerani, Amarylis

Amarylis memperkenalkan software Sartrack, yang menggunakan sistim APRS, untuk digunakan pada kegiatan penanggulangan bencana. Dengan software ini, maka pertukaran informasi dapat dilakukan oleh banyak pengguna (juga antar organisasi) dengan fasilitas internet ataupun radio komunikasi.

Kami merasa senang sekali karena banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan tehnis penggunaan dan pemakaian di lapangan. Amarylis berharap presentasi ini dapat berguna bagi para peserta untuk meningkatkan efektivitas kegiatan penanggulangan bencana.

Masing-masing peserta dibekali dengan sebuah CD yang berisikan informasi tentang APRS, panduan pemerintah dan beberapa LSM internasional tentang penanggulangan bencana, dan berbagai macam software. Sehingga peserta bisa memperdalam pengetahuannya sendiri. File yang dibagikan pada saat presentasi dapat diambil disini (minus software, yg bisa diambil sendiri dari tempat asalnya).

Presentasi ini akan diikuti oleh pelatihan. Ketika pertemuan, Amarylis sudah membuka peluang bagi semua peserta yang berminat untuk mengikuti pelatihan, dengan catatan masing-masing harus membeli peralatannya sendiri (radio, TNC, GPS, dll) sesuai dengan sistim yang ingin digunakannya sendiri. Sehingga pelatihan juga akan mencakup penggunaan alat-alat tersebut di lapangan. Rencana awal, pelatihan akan diadakan di bulan Oktober 2013, tetapi karena belum siapnya peralatan, maka pelatihan akan diadakan pada sekitar bulan Mei 2014.

Bila anda berminat untuk mengikuti pelatihan tersebut, silahkan hubungi kami: training.amarylis @ gmail.com

Beberapa foto pada saat presentasi dapat dilihat dibawah.


Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

 
UA-43081584-1